Procurement

Supply Chain Sustainability & Upaya Perusahaan Dalam Menjaga Keseimbangan Rantai Pasok

Supply Chain Sustainability atau keberlanjutan rantai pasokan mengacu pada upaya perusahaan untuk mempertimbangkan dampak lingkungan dan manusia dari perjalanan produk mereka melalui rantai pasokan, mulai dari sumber bahan baku hingga produksi, penyimpanan, pengiriman, dan pada setiap hubungan transportasi di antaranya.

Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan juga bahwa rantai pasokan adalah jaringan terkoordinasi dari semua perusahaan, fasilitas, dan aktivitas yang terlibat dalam pengembangan, pembuatan, dan pengiriman produk bisnis.

Adapun yang menjadi tujuan dari supply chain sustainability atau keberlanjutan rantai pasokan adalah untuk meminimalkan kerusakan lingkungan dari faktor-faktor seperti penggunaan energi, konsumsi air, dan produksi limbah sambil memberikan dampak positif pada orang-orang dan komunitas di dalam dan di sekitar operasi perusahaan.

Sehingga hal ini juga memungkinkan calon mitra untuk menunjukkan kepatuhan terhadap standar industri terbaik untuk keselamatan pekerja, perlindungan lingkungan dan etika bisnis.

Baca juga: Mengenal lebih dalam tentang ROE dan cara menghitungnya

Bagaimana cara meningkatkan Supply Chain Sustainability (SCS)

Untuk dapat meningkatkan supply chain sustainability (SCS) perusahaan harus mengambil langkah-langkah berikut untuk mencapai rantai pasokan yang lebih berkelanjutan seperti:

  • Mengidentifikasi isu-isu kritis dan area perbaikan dalam seluruh rantai pasokan. Dampak lingkungan dari rantai pasokan adalah puncak dari setiap langkah dalam proses produksi dan operasi. Oleh karena itu, perusahaan harus memahami di mana emisi dan risiko paling banyak berada untuk meningkatkan SCS.
  • Gunakan manajemen rantai pasokan dan alat pengukuran untuk membantu melacak kemajuan dan menemukan kelemahan.
  • Memilih dan berkolaborasi dengan pemasok berkelanjutan lainnya. Praktik kolaborasi dan kombinasi sumber daya antara produsen dapat membantu organisasi mengurangi limbah, biaya, dan risiko lingkungan.
  • Pertahankan akuntabilitas selama proses berlangsung. Proses yang dapat dilakukan untuk memastikan kewajiban adalah audit rutin, implementasi program dan tim keberlanjutan, perangkat lunak yang melacak dampak, serta sasaran dan laporan kemajuan yang dihadapi pelanggan.

Manfaat Keberlanjutan Rantai Pasokan

Keberlanjutan rantai pasokan tidak hanya menguntungkan kepentingan perusahaan sendiri tetapi juga masyarakat dan bumi ini pada umumnya. Perusahaan telah menyadari bahwa perubahan iklim, misalnya, dapat membahayakan kelangsungan bisnis mereka dengan gangguan cuaca ekstrem dan kelangkaan sumber daya yang semakin meningkat.

Berikut adalah kegiatan bisnis yang sering mendapat manfaat dari keberlanjutan:

  • Operasi rantai pasokan
    Penggunaan SCS menunjukkan bahwa jika biaya energi menurun, misalnya, karena perusahaan menetapkan target emisi dengan pemasok dan membantu mereka mengidentifikasi area potensial untuk perbaikan. Dengan hal tersebut tentunya perusahaan akan mengalami penurunan biaya yang signifikan.
  • Hubungan investor
    Investor institusional sangat menyadari risiko reputasi dari operasi rantai pasokan yang tidak berkelanjutan. Dalam beberapa tahun terakhir, media telah melaporkan banyak praktik rantai pasokan yang tidak bertanggung jawab, dan dalam beberapa kasus, tentunya dapat merugikan perusahaan tertentu. Perlu juga dicatat bahwa hampir setengah dari investor dalam jajak pendapat menyatakan minatnya pada dana investasi berkelanjutan.
  • Mengembangkan program pelatihan dan peningkatan kapasitas
    Langkah penting lainnya untuk meningkatkan sustainability dan mendorong perubahan perilaku adalah dengan pengembangan pelatihan dan program peningkatan kapasitas. Saat Anda menunjukkan keberhasilan supplier terbaik Anda, Anda mendorong semua orang untuk mengakui usaha mereka dan menunjukkan manfaat praktis dari inisiatif sustainability. Anda juga dapat membangun insentif bagi supplier Anda yang lain untuk berbuat lebih baik.
  • Kepatuhan
    Pemerintah di seluruh dunia mengamanatkan keberlanjutan rantai pasokan yang lebih besar. Sesudah Anda menetapkan standar kepatuhan untuk supplier Anda, Penilaian dasar kinerja supplier adalah titik awal untuk program masa depan yang bertujuan untuk meningkatkan supply chain sustainability dan menilai di mana kebutuhan terbesar untuk perbaikan berada.

Baca juga: Taktik perusahaan dalam menjaga working capital selama pandemi

Tren Keberlanjutan Rantai Pasokan

Inovasi telah dan akan mendorong keberlanjutan rantai pasokan di tahun-tahun mendatang. Dua tren yang akan menjaga momentum di area ini adalah ekonomi sirkular dan rantai pasokan berbasis data.

Tujuan dari ekonomi sirkular adalah untuk merancang polusi dan limbah dari produk dan sistem seperti rantai pasokan. Dalam sistem ini, produk dibangun untuk memiliki jejak lingkungan yang ringan, tahan lebih lama dan mudah dibongkar dan dibuat ulang atau diubah untuk digunakan kembali.

Dalam rantai pasokan berbasis data, perusahaan memanfaatkan sistem eksekusi rantai pasokan berbasis cloud yang menyediakan analisis terperinci dan bahkan dapat menarik data dari sensor peralatan dan perangkat Internet. Hal ini akan membuat bisnis dapat menemukan, menerapkan, dan memantau strategi untuk menjadi lebih berkelanjutan.

Dengan menawarkan model bisnis yang transparan kepada supplier, investor, dan konsumen Anda, akan memungkinkan Anda untuk menunjukkan komitmen Anda terhadap sustainability. Hal Ini akan menarik customer yang sekarang menjadi lebih sadar akan dampak bisnis Anda terhadap lingkungan.

How useful was this post?

Recent Posts

Peluang Usaha Di Tahun 2023 Yang Harus Kalian Tahu!

Memasuki tahun 2023 sebenarnya ada banyak cara untuk memulai bisnis baru guna lebih fokus dalam ide pemilihan usaha yang tepat…

Apa perbedaan ruang lingkup ekonomi makro dan mikro

Ekonomi adalah studi tentang bagaimana individu, bisnis, dan pemerintah membuat pilihan dalam mengalokasikan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kelompok-kelompok…

Apa itu Liabilitas? Ini Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kewajiban perusahaan untuk membayar bisa berupa uang kepada orang atau bisnis lain di masa depan disebut liabilitas. Dalam dunia akuntansi,…

Apa Itu Startup Unicorn? Lalu Apa Bedanya Dengan Decacorn?

Dengan perkembangan teknologi dan perilaku konsumen yang terus berubah, telah membuat jumlah perusahaan startup baru terus meningkat khususnya di Indonesia.…