Procurement

Cara Mengurangi Budget Procurement Untuk Meningkatkan Profatibilitas Perusahaan

Proses procurement atau pengadaan yang efektif merupakan impian untuk semua bisnis. Procurement adalah fungsi strategis yang bertujuan untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan jika dikelola secara efektif, proses procurement dapat mendorong nilai bisnis dan pertumbuhan laba. Jadi, bagaimana procurement atau pengadaan dapat menambah nilai dan berkontribusi untuk meningkatkan keuntungan dalam bisnis Anda?

Pertama dan yang terpenting yaitu mengurangi biaya adalah cara terbaik untuk memaksimalkan profitabilitas bisnis. Setiap bisnis yang ingin meningkatkan profitabilitas perlu menerapkan proses pengadaan yang efektif guna menghemat uang tunai, mengurangi risiko penipuan, dan menghilangkan pengeluaran yang tidak semestinya. Ketika pengadaan tidak dikelola secara efektif, bisnis dapat kehilangan sejumlah besar uang. Berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa organisasi dapat menghabiskan lebih dari dua pertiga pendapatan untuk pengadaan, sehingga pengurangan biaya kecil pun dapat berdampak signifikan pada profitabilitas.

Baca juga: Cara menghemat budget bahan bakar untuk perusahaan logistik

Cara Menggunakan Procurement Untuk Meningkatkan Profitabilitas:

Dengan proses procurement atau pengadaan yang tepat, fungsi pembelian dapat dengan mudah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap profitabilitas dan mengamankan kemakmuran finansial perusahaan Anda. Adapun cara yang tepat dalam menggunakan procurement untuk meningkatkan profitabilitas seperti:

Merampingkan proses pengadaan

Lacak alur kerja Anda dengan otomatisasi. Dengan alat pengadaan yang tepat, proses yang disederhanakan, produktivitas yang ditingkatkan, dan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk tugas berulang akan menjadikan staf perusahaan Anda memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada inisiatif strategis karena alur kerja otomatis menggantikan proses intensif admin dan memastikan bahwa pengguna yang relevan diberi tahu saat diperlukan tindakan.

Sentralisasi data

Waktu adalah uang. Jika Anda dan tim Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk melacak PO dan dokumen terkait pengadaan lainnya, Anda tidak akan dapat menginvestasikan banyak sumber daya untuk menegosiasikan harga, mengukur kinerja, dan sebaliknya meningkatkan profitabilitas pengadaan Anda. Digitalkan dokumen pengadaan Anda dan aktifkan pencocokan faktur.

Dapatkan lebih banyak pengeluaran di bawah manajemen

Pastikan bahwa tim Anda membeli dari supplier yang telah bekerja sama dengan perusahaan Anda dan pastikan semua pembelanjaan sesuai dan Anda selalu membeli barang dan jasa dengan harga terbaik, serta memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon pembelian lebih banyak

Konsolidasi pesanan pembelian

Penelitian procurement atau pengadaan menunjukkan bahwa biaya pemrosesan pesanan pembelian sangat bervariasi. Perusahaan perlu memastikan bahwa mereka mengirimkan PO seefisien mungkin untuk mengurangi biaya. Dengan perangkat lunak procurement, Anda dapat memusatkan dan mengkonsolidasikan pesanan untuk banyak pengguna, departemen, atau cabang, sehingga mengurangi biaya pemrosesan dan mendapatkan akses ke penawaran dan diskon yang lebih baik. Hal ini merupakan salah salah satu contoh utama lainnya tentang bagaimana fungsi pembelian dapat mempengaruhi profitabilitas.

Baca juga: Cara mengukur kesehatan keuangan perusahaan melalui rumus ROE

Tingkat inventory yang sehat

Sebaiknya dalam hal inventory hanya difokuskan dengan apa yang Anda butuhkan. Karena selain menghabiskan banyak area atau tempat penyimpanan di gudang dan pabrik Anda, inventory yang berlebih juga mengganggu  arus kas perusahaan Anda. Uang Anda akan banyak dikeluarkan dan banyak tersimpan dalam bentuk inventory. Sebaiknya tim procurement perusahaan Anda harus mampu membeli barang yang diperlukan dengan jumlah yang tepat sebanyak yang dibutuhkan, setidaknya mendekati kondisi ideal dengan melakukan pembelian yang tidak terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.

Jika Anda ingin meningkatkan profitabilitas perusahaan yang Anda miliki maka Anda juga harus meningkatkan profitabilitas proses procurement Anda. Anda dapat melakukan hal tersebut dengan metode dan tools yang tepat. Dengan menggunakan teknologi yang tepat dan efektif maka sudah dapat dipastikan bahwa Anda akan dapat mengoptimalkan proses procurement  dan Anda bisa menggunakan uang Anda untuk pembelian yang efektif dan tidak membuang uang Anda untuk pembelian yang tidak dibutuhkan dan tidak diperlukan. Dan yang terpenting Anda pun bisa memberikan nilai lebih untuk para shareholder, customer, dan karyawan di perusahaan Anda.

How useful was this post?

Recent Posts

Peluang Usaha Di Tahun 2023 Yang Harus Kalian Tahu!

Memasuki tahun 2023 sebenarnya ada banyak cara untuk memulai bisnis baru guna lebih fokus dalam ide pemilihan usaha yang tepat…

Apa perbedaan ruang lingkup ekonomi makro dan mikro

Ekonomi adalah studi tentang bagaimana individu, bisnis, dan pemerintah membuat pilihan dalam mengalokasikan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kelompok-kelompok…

Apa itu Liabilitas? Ini Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kewajiban perusahaan untuk membayar bisa berupa uang kepada orang atau bisnis lain di masa depan disebut liabilitas. Dalam dunia akuntansi,…

Apa Itu Startup Unicorn? Lalu Apa Bedanya Dengan Decacorn?

Dengan perkembangan teknologi dan perilaku konsumen yang terus berubah, telah membuat jumlah perusahaan startup baru terus meningkat khususnya di Indonesia.…