Payment

Apa itu Liabilitas? Ini Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kewajiban perusahaan untuk membayar bisa berupa uang kepada orang atau bisnis lain di masa depan disebut liabilitas. Dalam dunia akuntansi, kewajiban keuangan juga merupakan kewajiban tetapi lebih ditentukan oleh transaksi bisnis sebelumnya, peristiwa, penjualan, pertukaran aset atau layanan, atau apapun yang akan memberikan manfaat ekonomi di kemudian hari.  

Kewajiban dapat membantu bisnis menyiapkan operasi yang menguntungkan dan mempercepat pertumbuhan nilai. Namun jika liabilitas tidak dikelola dengan baik, maka dapat menimbulkan masalah besar, seperti penurunan kinerja keuangan atau bahkan kebangkrutan. Selain itu liabilitas juga mempengaruhi seberapa likuid suatu perusahaan, dan modalnya diatur.

Baca Juga: Cara Mengurangi Budget Procurement Untuk Meningkatkan Profatibilitas Perusahaan

Jenis liabilitas 

Perusahaan membagi kewajiban mereka menjadi dua kelompok yaitu  lancar dan jangka panjang. Kewajiban lancar akan jatuh tempo dalam waktu satu tahun, sedangkan kewajiban jangka panjang akan jatuh tempo dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Kewajiban Lancar

Analis biasanya memeriksa apakah perusahaan memiliki cukup uang tunai untuk membayar utangnya saat ini, yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun. Umumnya liabilitas jangka pendek termasuk biaya penggajian dan hutang dagang, termasuk uang yang terutang kepada vendor dan tagihan utilitas yang dibayarkan setiap bulan. Berikut beberapa contoh lainnya:

  • Upah yang Harus Dibayar

Karyawan telah mendapatkan jumlah total uang tetapi belum dibayar. Karena sebagian besar perusahaan membayar pekerjanya setiap dua minggu, kewajiban ini berubah secara signifikan.

  • Bunga yang Harus Dibayar

Seperti orang pada umumnya, bisnis sering menggunakan kredit untuk membeli barang dan jasa dalam waktu singkat. Ini menunjukkan berapa banyak bunga yang harus Anda bayar untuk pinjaman jangka pendek ini.

  • Hutang Dividen

Ketika seorang investor membeli saham di perusahaan yang membayar dividen, jumlah tersebut harus dibayarkan kepada pemegang saham setelah dividen diumumkan. Tugas ini biasanya akan muncul empat kali setahun sampai dividen dibayarkan, sekitar dua minggu.

  • Uang yang Tidak Anda Dapatkan

Ini adalah saat perusahaan setuju untuk memberikan barang atau jasa di masa depan setelah dibayar di muka. Saat produk atau layanan dikirimkan, jumlah ini akan turun dengan entri yang sesuai.

Kewajiban tidak lancar

Hutang jangka panjang, juga dikenal sebagai hutang obligasi, biasanya merupakan kewajiban terbesar dan berada di daftar teratas. Biasanya perusahaan membiayai sebagian dari operasi jangka panjang mereka yang sedang berlangsung dengan menerbitkan obligasi yang pada dasarnya merupakan pinjaman dari masing-masing pihak yang membeli obligasi tersebut. Namun, obligasi dan pinjaman bukan satu-satunya kewajiban jangka panjang yang ditanggung perusahaan. Barang-barang seperti sewa, pajak tangguhan, gaji, dan kewajiban pensiun juga dapat dicantumkan di bawah kewajiban jangka panjang. 

Baca Juga: Tantangan yang dihadapi oleh rantai pasok makanan

Apa itu kewajiban kontinjensi? 

Kewajiban kontinjensi adalah salah satu yang mungkin atau mungkin tidak terjadi tergantung pada hasil dari suatu peristiwa di masa depan. Misalnya seperti, penarikan kembali produk, jaminan, dan kartu hadiah atau nota kredit yang tidak terpakai adalah merupakan contoh kewajiban kontinjensi. Namun, contoh paling umum adalah gugatan atau ancaman tindakan hukum yang tidak terselesaikan.

Kewajiban dan Biaya 

Kewajiban dan biaya serupa karena keduanya adalah uang yang harus dibayar oleh perusahaan. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa pengeluaran atau biaya dicantumkan di laporan laba rugi perusahaan, bukan di neraca tempat kewajiban dicantumkan. Pengeluaran adalah biaya yang terkait dengan operasi perusahaan, bukan utangnya.

How useful was this post?

Recent Posts

Peluang Usaha Di Tahun 2023 Yang Harus Kalian Tahu!

Memasuki tahun 2023 sebenarnya ada banyak cara untuk memulai bisnis baru guna lebih fokus dalam ide pemilihan usaha yang tepat…

Apa perbedaan ruang lingkup ekonomi makro dan mikro

Ekonomi adalah studi tentang bagaimana individu, bisnis, dan pemerintah membuat pilihan dalam mengalokasikan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kelompok-kelompok…

Apa Itu Startup Unicorn? Lalu Apa Bedanya Dengan Decacorn?

Dengan perkembangan teknologi dan perilaku konsumen yang terus berubah, telah membuat jumlah perusahaan startup baru terus meningkat khususnya di Indonesia.…

Tantangan yang dihadapi oleh rantai pasok makanan

Tantangan rantai pasokan makanan - Dalam setiap bisnis terlebih pada bisnis makanan dan minuman, tantangan yang berhubungan dengan rantai pasokan…