Account Receivable

Bagaimana Cara Melakukan Positioning Brand Untuk Jadi No.1 Di Pasaran

Positioning adalah proses menciptakan posisi mental atau citra yang berbeda dari suatu produk atau layanan di benak pelanggan dibandingkan dengan merek lain di pasar. Setiap pelaku usaha menganggap positioning merek sebagai salah satu aspek terpenting dari penciptaan merek secara keseluruhan. Hal itu dikarenakan biasanya orang memiliki persepsi yang berbeda tentang suatu merek berdasarkan bagaimana merek itu diposisikan di pasar.

Positioning yang baik membuat produk menjadi unik dan membuat pengguna mempertimbangkan untuk menggunakannya sebagai keuntungan tersendiri bagi mereka. Tidak hanya itu positioning yang baik juga membuat merek atau produk lebih menonjol dari yang lain, memberinya kemampuan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi dan mencegah persaingan dari yang lain serta memungkinkan fleksibilitas merek atau produk dalam perluasan, perubahan, distribusi, dan periklanan. 

Pentingnya  Positioning

Dalam pemasaran, konsep positioning diikuti setelah segmentasi pasar dimana perusahaan membuat pernyataan posisi untuk merek, produk, atau layanan mereka yang membantu pelanggan mengidentifikasi bisnis.

Positioning secara luas diklasifikasikan menjadi tiga jenis:

  • Fungsional

Ini digunakan ketika merek atau produk memberikan solusi untuk masalah dan memberikan manfaat kepada pelanggan. Ini berfokus pada fungsi, manfaat atau utilitas yang diberikannya kepada pelanggan.

  • Simbolis

Ini berguna untuk menciptakan citra merek yang membantu menciptakan ekuitas merek. Misalnya ketika seorang pelanggan memiliki perhatian khusus, hubungan sosial, identifikasi dengan produk.

  • Pengalaman

Ini menciptakan simulasi sensorik dan kognitif di benak pelanggan. Ini adalah salah satu dasar dari pengalaman yang dapat dihubungkan dengan pelanggan.

Pada umumnya perusahaan menggunakan proses positioning dalam menentukan langkah-langkah untuk menempatkan produk atau jasa dengan cara yang benar di benak konsumen. Jika sebuah perusahaan memutuskan untuk mengubah orang memandang suatu merek, maka pada umumnya mereka akan mengubah logo, slogan, dan hal lain yang diperlukan dari merek tersebut. Proses ini dikenal sebagai reposisi merek, yang membantu menciptakan citra merek yang berbeda.

Faktor Kunci Strategi Positioning

Positioning sangat penting untuk merek, produk, atau layanan apa pun untuk memastikan kesan tercipta di benak konsumen. Faktor utama yang dipertimbangkan oleh perusahaan untuk membuat strategi untuk merek atau produk adalah:

Fitur Produk

Positioning dapat dilakukan pada bagaimana produk terlihat, terasa, muncul dan lain sebagainya. Fitur utama produk dapat digunakan untuk menonjolkan nilai dan menciptakan positioning di sekitarnya.

Utilitas dan Manfaat

Ini memperhitungkan nilai yang diberikan suatu produk dan kebutuhan mana yang diselesaikan. Hal ini menunjukkan manfaat yang jelas dalam hal nilai. Misalnya. Penghematan dalam biaya listrik dapat menjadi manfaat yang jelas bagi pelanggan.

Gunakan Kategori

Ini mendefinisikan bagaimana produk dapat digunakan. Semua kasus penggunaan dan skenario yang berbeda dapat digunakan untuk membuat pemosisian yang menarik.

Acara

Waktu, peristiwa atau kesempatan ketika produk dapat digunakan. Asosiasi dengan acara seperti Tahun Baru dapat menyebabkan positioning yang kuat di benak pelanggan.

Perbandingan Kompetitif

Positioning dapat dilakukan jika dibandingkan dengan penawaran yang kompetitif. Hal ini dilakukan oleh banyak perusahaan untuk menggunakan positioning kompetitif yang ada dan membuatnya lebih baik untuk menciptakan positioning yang lebih baik.

How useful was this post?

Recent Posts

Peluang Usaha Di Tahun 2023 Yang Harus Kalian Tahu!

Memasuki tahun 2023 sebenarnya ada banyak cara untuk memulai bisnis baru guna lebih fokus dalam ide pemilihan usaha yang tepat…

Apa perbedaan ruang lingkup ekonomi makro dan mikro

Ekonomi adalah studi tentang bagaimana individu, bisnis, dan pemerintah membuat pilihan dalam mengalokasikan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kelompok-kelompok…

Apa itu Liabilitas? Ini Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kewajiban perusahaan untuk membayar bisa berupa uang kepada orang atau bisnis lain di masa depan disebut liabilitas. Dalam dunia akuntansi,…

Apa Itu Startup Unicorn? Lalu Apa Bedanya Dengan Decacorn?

Dengan perkembangan teknologi dan perilaku konsumen yang terus berubah, telah membuat jumlah perusahaan startup baru terus meningkat khususnya di Indonesia.…