Mengenal Black Friday, Hari Raya Para Seller di Amerika

Mengenal Black Friday, Hari Raya Para Seller di Amerika!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Black Friday merupakan hari setelah Thanksgiving. Pada momen Black Friday biasanya para pengecer akan menawarkan diskon besar-besaran untuk memulai musim liburan. Dapat dikatakan bahwa pada musim ini sangat penting bagi perekonomian, terutama bagi para pengecer.

Kenapa Black Friday itu penting?

Profit. Nah, sebagian besar perusahaan percaya bahwa Black Friday yang kuat akan menjanjikan keuntungan yang besar. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa Black Friday adalah awal yang besar untuk semua keuntungan yang akan datang untuk banyak bisnis.

Baca juga: Mengenal sejarah Harbolnas dan kiat-kiat untuk meraup untung

Bagi konsumen, Black Friday menjadi suatu kegembiraan kompetisi dan kegembiraan menjadi salah satu dari sedikit untuk mendapatkan penawaran terbaik. Kemungkinan konsumen benar-benar akan menghemat banyak uang pada akhirnya, dan dapat terjadi kemungkinan besar pula konsumen akhirnya akan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, atau inginkan. Meski begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat dari acara liburan Black Friday jika Anda mau. Beberapa penawaran terbaik dapat ditemukan secara online, yang akan membantu Anda menghindari kerumunan berbahaya khususnya pada masa pandemi seperti sekarang ini.

Berikut ini merupakan keuntungan dari black friday, seperti: 

Meningkatkan keuntungan

Black Friday tetap menjadi salah satu hari belanja terbesar di AS, yang membuat konsumen berani berbondong-bondong dan mengantri panjang untuk memanfaatkan penawaran yang dapat menghasilkan keuntungan besar bagi bisnis. Hal itu membuat kenaikan volume penjualan berkali-kali lipat dari rata-rata harian. Tentunya ini adalah peluang yang jelas bagi pengecer untuk memanfaatkan permintaan pelanggan dan memfokuskan banyak lalu lintas dan penjualan dalam waktu singkat. 

Taktik untuk menghabiskan barang yang tertimbun

Saat Black Friday tiba, banyak usaha kecil yang memanfaatkan untuk memindahkan barang mereka yang terlalu banyak menimbun untuk dihabiskan dengan memberikan diskon atau mengurangi harga jual. Proses ini membantu pengecer membersihkan barang-barang yang bergerak lambat untuk memberi ruang bagi produk-produk dalam permintaan yang akan dicari konsumen pada Black Friday. Dengan kata lain pengecer melihat Black Friday sebagai kesempatan untuk mengosongkan inventaris lama atau barang lama yang kurang laku di pasaran.

Mendapatkan pelanggan baru

Keuntungan lain dari Black Friday yaitu menawarkan pengecer kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru. Jika Anda memperoleh pelanggan saat momen Black Friday, dan membuat mereka senang, maka Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru dan mendorong penjualan Anda. 

Tentu saja, sebagian besar pengecer bersaing untuk mendapatkan pelanggan di Black Friday. Akibatnya, bisnis harus mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk menghindari kehilangan pembeli dalam persaingan. Oleh karena itu bagaimana menetapkan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan dan menghadapi persaingan saat Black Friday?

Persiapan adalah langkah pertama dalam menghasilkan pendapatan selama penjualan  Black Friday Anda. Semakin cepat Anda bisa memulai, semakin baik. Pertimbangkan berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk merencanakan strategi pemasaran, inventaris produk, diskon penjualan, dan materi promosi (konten, spanduk, video, dll.) agar siap untuk dijual. Pastikan bahwa dukungan pelanggan dan tim pengiriman Anda diperlengkapi untuk menangani pesanan dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Apakah Anda akan kehabisan persediaan dalam penjualan? Tanyakan pada diri Anda apakah Anda dan karyawan Anda siap untuk menangani kesibukan bisnis, lalu rencanakan dengan tepat menggunakan tips berikut ini.

Jalankan penjualan per jam

Penjualan per jam memiliki potensi besar untuk meningkatkan penjualan  Black Friday Anda. Jika Anda menawarkan diskon 50% pada Black Friday, pertimbangkan untuk meningkatkan diskon Anda menjadi 55% selama satu jam. Anda dapat melakukan beberapa penjualan kilat seperti itu selama penjualan. Gunakan penghitung waktu mundur dan munculan untuk membuat pengunjung situs web mengetahui penawaran waktu terbatas Anda. Selain itu  gunakan berbagai kode kupon diskon untuk setiap penjualan guna meningkatkan keterlibatan dan membantu Anda melacak kinerja penjualan per jam Anda.

Baca juga: Fungsi mesin EDC dalam melancarkan transaksi bisnis

Beri pelanggan barang gratis

Orang menyukai barang gratis, dan Anda dapat menggunakan hadiah dan layanan gratis sebagai insentif bagi pelanggan Anda selama penjualan. Pertimbangkan untuk menawarkan hadiah, produk, atau pengiriman ke pelanggan Anda secara gratis. Jika Anda tidak menawarkan diskon yang bagus hal itu dapat mempengaruhi penjualan Anda secara keseluruhan. Karena jika Anda tidak dapat menawarkan sesuatu secara gratis, pelanggan Anda akan pergi ke pesaing Anda yang menawarkannya.

Gunakan saluran pemasaran yang tepat

Saluran pemasaran memainkan peran penting dalam promosi penjualan. Saluran yang tepat dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan Anda, tetapi saluran yang salah dapat menghabiskan uang dan upaya Anda. Pilih saluran pemasaran Anda dengan hati-hati; tidak semua platform sama. Masing-masing memiliki audiens yang berbeda, jadi pilihlah platform sesuai dengan basis pelanggan yang ditargetkan bisnis Anda. Adapun saluran pemasaran yang dapat Anda gunakan seperti, facebook, instagram, email marketing dan lain sebagainya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Urusan Transaksi Jadi Lebih Fleksibel Dengan Paper.id!

Terima pembayaran lebih cepat/tempo lebih lama untuk kemajuan bisnis

Total
0
Share