Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih, berdampak pada sistem pembayaran yang kini semakin berkembang pula, dari uang tunai atau konvensional hingga uang nontunai & digital payment.
Kemajuan ini tentu saja memberikan kemudahan pada kehidupan manusia. Tak salah jika saat ini banyak pebisnis maupun supplier beralih ke pembayaran non tunai atau digital. Fungsi adanya digital payment ini adalah mendorong efisiensi kegiatan ekonomi masyarakat, khususnya dalam situasi pandemi seperti ini.
Baca juga: 4 jenis fraud yang terjadi dalam manajemen piutang usaha
Dengan adanya digital payment, proses transaksi akan menjadi lebih mudah, cepat, dan aman. Selain itu sebagai pebisnis ketika Anda membuat atau menerapkan proses pembayaran yang mudah untuk bisnis Anda maka Anda akan dibayar lebih cepat. Jadi, hanya dengan meningkatkan proses pembayaran bisnis Anda akan dapat meningkatkan arus kas perusahaan Anda.
Kunci utama untuk proses pembayaran yang lebih mudah dan lebih berpusat pada pelanggan adalah pada digital payment. Dengan memodernisasi dan mendigitalkan proses piutang Anda, Anda akan memudahkan pelanggan Anda serta membuat pelanggan merasa senang membayar Anda karena pelanggan Anda tidak perlu lagi direpotkan dengan pembayaran tunai. Berikut ini, adalah 5 cara yang bisa Anda terapkan untuk mempermudah pelanggan dalam membayar invoice.
Portal pembayaran dan billing yang dapat diakses sendiri
Dengan self-service billing dan payments portal, pelanggan Anda dapat melihat dan membayar tagihan dari mana saja. Fleksibilitas tersebut yang saat ini banyak dicari oleh buyer atau pelanggan karena tidak semua pelanggan memiliki cukup waktu luang karena kesibukan mereka.
Selain itu buyer Anda juga pasti akan menyukai fitur riwayat self-service billing dan payments portal, yang memungkinkan pengiriman invoice secara instan dan pembayaran segera. Karena semakin cepat invoice dikirimkan, semakin cepat mereka akan melakukan pembayaran.
Buat invoice dibayar dengan hanya sekali klik
Ubah metode pembayaran pelanggan Anda dari faktur ke pembayaran dengan sekali klik. Umumnya tim account payable sama seperti tim account receivable, mereka memiliki banyak pekerjaan manual yang harus dilakukan yang dapat memperlambat kerja mereka. Jika Anda mengirimkan faktur secara elektronik, maka Anda akan mempermudah pekerjaan mereka dan pelanggan Anda dapat membayar Anda langsung dengan menggunakan digital payment.
Tawarkan beragam metode pembayaran
Bicaralah dengan pelanggan Anda tentang preferensi penagihan mereka. Beberapa pelanggan menyukai satu faktur per item, sementara beberapa pelanggan lain membutuhkan faktur gabungan.
Beberapa pelanggan Anda mungkin masih menggunakan sistem A/P manual sementara pelanggan Anda yang lain sebagian besar mungkin sudah memiliki perangkat lunak akuntansi. Jika Anda secara otomatis mengirimkan faktur dalam format pilihan mereka, maka tentu saja akan membuat Anda dibayar lebih cepat.
Sesuaikan dengan keinginan buyer
Sebaiknya dalam mengirimkan faktur ke pelanggan, Anda dapat menyesuaikan metode yang paling nyaman dan dibutuhkan oleh pelanggan Anda. Penyesuaian yang harus Anda lakukan antara lain seperti :
- Enterprise buyers
Jika Anda bekerja sama dengan buyer dari perusahaan besar, pastinya mereka memiliki tim A/P yang handal dan menggunakan platform canggih untuk mengelola hutang mereka. Untuk itu sebaiknya Anda menyesuaikan mulai dari pengiriman faktur, sampai penagihan hutang mereka. Hal ini dapat disiasati dengan penggunaan platform digital payment. - Mid-market buyers
buyer pasar menengah setidaknya memiliki tim account payable yang terdiri dari beberapa karyawan. Mereka biasanya mau menerima faktur dan melakukan pembayaran melalui portal yang dikelola oleh pemasok mereka. - Small business buyers
Untuk buyer atau pelanggan kecil mungkin mereka tidak memiliki tim AP khusus. Biasanya mereka melakukan dan mengelola AP mereka secara manual. Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat membantu mereka mengelola AP mereka dengan melakukan penagihan melalui email, dan dengan melakukan pembayaran di email akan menjadi solusi faktur elektronik yang bagus untuk mereka.
Baca juga: 5 tips menjaga likuiditas bisnis melalui manajemen account receivable yang baik
Pembayaran otomatis
Pembayaran otomatis merupakan salah satu cara yang memudahkan dalam membantu membayar faktur pelanggan Anda. Jika menerapkan hal ini pada bisnis Anda maka pelanggan Anda akan sangat terbantu dan puas bekerja sama dengan Anda karena tidak direpotkan dengan sistem pembayaran yang rumit.
Jika kelima cara diatas masih belum dapat membantu bisnis Anda, maka Paper.id punya solusi lain yang dapat membantu Anda dibayar lebih cepat, melalui layanan get paid faster! Sebuah layanan pendanaan berbasis invoice dengan persyaratan yang mudah serta dapat pencairan yang cepat. Percepat arus kas Anda dengan solusi get paid faster dari Paper.id! Klik disini untuk mengetahui informasi lebih lanjut!