4 Tips Ampuh Dalam Memilih Influencer Untuk Pemasaran Bisnis Anda

4 Tips Ampuh Dalam Memilih Influencer Untuk Pemasaran Bisnis Anda

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Influencer adalah otoritas online yang memiliki pengikut orang-orang yang percaya dan umumnya mendengarkan apa yang mereka katakan atau lakukan. Biasanya pengikut mereka setia dan sering membentuk opini dan minat mereka berdasarkan apa yang dipikirkan, digunakan, dan diyakini pemberi pengaruh. Influencer sendiri bisa berupa blogger, kepribadian, media sosial, selebriti, pakar industri, pemimpin pemikiran, dan merek gaya hidup.

Baca juga: VISA vs Mastercard, mana yang paling bagus untuk UMKM

Berdasarkan hal tersebut tidak sedikit bisnis yang tertarik menggunakan jasa pemasaran influencer guna untuk mempromosikan, memperkenalkan, dan meningkatkan penjualan usaha mereka.

Apa itu Pemasaran Influencer?

Pemasaran influencer adalah ketika sebuah merek memanfaatkan jangkauan dan otoritas influencer untuk meningkatkan visibilitas mereka, membagikan pesan mereka, dan membangun kesadaran dan loyalitas merek.

Adapun hal yang dilakukan dalam pemasaran influencer adalah sebagai berikut:

  • Menyebarkan berita tentang konten atau merek usaha atau bisnis Anda. Influencer dapat membagikan konten atau menyebutkan merek dan mengarahkan audiens mereka ke situs web, konten, atau akun sosial merek tersebut.
  • Menjadi juru bicara untuk merek bisnis atau usaha Anda. Influencer dapat menjadi duta merek dan secara teratur menyebutkan dan berbagi konten tentang suatu merek.
  • Menulis tentang merek usaha Anda. Influencer dapat meliput berita merek dengan menulis konten mereka sendiri tentang cerita, produk, atau layanan merek.

Melalui kemitraan ini, merek dapat menuai berbagai manfaat pemasaran influencer. Selain hal diatas pemasaran influencer juga dapat membantu bisnis Anda dalam hal: 

  • Bangun kesadaran merek
  • Jangkau audiens ideal Anda
  • Tingkatkan pengikut sosial Anda
  • Membangun kepercayaan
  • Dapatkan backlink berkualitas tinggi
  • Hasilkan prospek dan dorong penjualan

Jika Anda telah mengerti apa itu influencer, manfaat, dan kegunaanya, maka saatnya Anda mulai mencari influencer yang tepat untuk bisnis Anda. Berikut ini merupakan tips yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda menemukan influencer yang tepat untuk membantu usaha Anda:

Pilihlah influencer yang sesuai dan terkait dengan industri usaha Anda

Saat memutuskan bagaimana menemukan influencer yang sesuai untuk bisnis Anda maka pilihlah tokoh terkenal yang sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya, Jika Anda memiliki bisnis di bidang kuliner, maka Anda dapat menggunakan jasa influencer seperti halnya food blogger terkenal yang siap memberikan informasi terkait makanan yang Anda jual. Dengan kesesuaian ini, pastinya tingkat kepercayaan pelanggan akan bisnis kuliner Anda akan meningkat.

Pilihlah Influencer yang Memiliki Reputasi Baik

Saat memutuskan influencer mana yang tepat untuk usaha atau bisnis Anda, Sebaiknya lakukan evaluasi terhadap mereka untuk menentukan apakah mereka memiliki jangkauan yang relevan atau cukup besar serta reputasi yang baik untuk menjadi rekan bisnis Anda dalam membantu Anda mencapai tujuan Anda. Analisis influencer adalah bagian penting dalam mempelajari cara menemukan influencer yang tepat yang dapat menjangkau audiens Anda.

Dalam hal ini, Anda harus mempertimbangkan faktor peringkat influencer seperti halnya:

  • Jumlah pengikut mereka
  • Tingkat keterlibatan pengikut
  • Kualitas konten
  • Kedalaman cakupan niche
  • Tidak bermasalah dengan hukum

Apakah Mereka Memiliki Engagement yang Aktif

Keterikatan atau engagement adalah salah satu faktor penting dari seorang influencer. Anda dapat bertanya langsung kepada influencer tentang statistik keterlibatan mereka. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih influencer yang memiliki interaksi dan keterikatan yang baik dengan follower. Keterikatan ini bisa Anda lihat dalam hal dari banyaknya  like, reaksi emoji, dan seberapa sering influencer menanggapi komentar dan pertanyaan audiens.

Baca juga: Kegunaan e-meterai untuk transaksi digital di Indonesia

Pilihlah Influencer Sesuai Budget

Dalam melakukan promosi bisnis, budget merupakan hal penting yang harus dipikirkan, dan dipertimbangkan secara matang. Hal ini juga termasuk jika Anda ingin menggunakan jasa influencer dalam mempromosikan usaha atau bisnis Anda. Pilihlah influencer yang sesuai dengan budget Anda agar nantinya Anda dapat melakukan kalkulasi yang tepat pada usaha atau bisnis Anda. Selain itu dalam memilih influencer untuk promosi usaha Anda sebaiknya pertimbangan lah secara masak antara biaya yang Anda telah keluarkan dengan  hasil yang akan Anda dapatkan. Oleh karena itu pemilihan  influencer yang sesuai budget sangat baik dilakukan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Total
0
Share