Tik Tok, Kenapa Bisa Populer dan Cocok Untuk Marketing Bisnis Apa Saja

Tik Tok, Kenapa Bisa Populer dan Cocok Untuk Marketing Bisnis Apa Saja

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Sejak kemunculannya pada platform media sosial, Tik Tok telah menggemparkan dunia dan mendapatkan pengakuan sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh, dengan lebih dari 800 juta pengguna di seluruh dunia hingga saat ini. 

Tik Tok telah memainkan peran monumental dalam mempengaruhi segala sesuatu mulai dari industri musik hingga usaha kecil di seluruh negeri, banyak keuntungan yang dihasilkan oleh Tik Tok salah satunya yaitu mendukung kehadiran banyak perusahaan lokal.

Baca juga: Mengenal Black Friday, hari raya para seller di Amerika

Lewat unggahan Video di Tik Tok yang menunjukkan suatu produk tertentu, membuat produk tersebut langsung terkenal dan diburu oleh para penontonnya. Saat ini dengan adanya Tik Tok membawa angin segar untuk para pebisnis online yang sangat ingin menemukan cara efektif untuk mempromosikan dan memasarkan produk mereka secara online khususnya  di tengah pandemi COVID-19. 

Platform digital ini dapat berfungsi sebagai media yang sering digunakan merek untuk memasarkan citra dan produk mereka. Selain itu aplikasi berbagi video ini juga secara berkala melakukan survei terhadap pengguna dan pelanggannya yang mengungkapkan tren perilaku konsumen, yang sangat penting dan berharga dalam memecahkan tantangan pemasaran digital selama pandemi. 

Jika Anda tertarik untuk menawarkan barang jualan online Anda pada platform media sosial Tik Tok, maka berikut adalah cara atau strategi yang Anda harus pahami untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda.

Pahami Bagaimana Cara Kerja Tik Tok

Cara kerja platform Tik Tok secara umum didasarkan pada video yang berdurasi maksimal 15 detik dan dapat digabungkan hingga total 60 detik, dimana orang-orang berinteraksi dengan video yang menggulir feed mereka. 

Salah satu hal yang menjadi daya tarik Tik Tok yaitu memungkinkan orang untuk menambahkan segala macam efek pengeditan dan musik latar ke video mereka. Hal tersebut membuat banyak video Tik Tok menjadi viral di platform antara lain karena orang dapat merekam video diri mereka misalnya saat sedang menari dengan lagu tertentu. Saat melihat video, orang-orang dapat menyukai, mengomentari, atau berbagi video dengan pengguna lain melalui pesan langsung atau aplikasi lain.

Membuat Konten Pemasaran Tik Tok yang Menarik

Jika Anda sudah memahami cara kerja Tik Tok maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat konten menarik yang berkaitan dengan produk atau barang yang akan Anda jual. Dalam hal ini yang harus dilakukan adalah pertama-tama Anda harus memikirkan beberapa ide yang menarik minat audiens Anda. Umumnya topik atau ide konten Tik Tok meliputi product launching, tutorial, dan hashtag challenge. 

Gunakan Tagar atau Hashtags yang Tepat Untuk Tik Tok SEO

Jika Anda ingin orang-orang menemukan konten Anda di Tik Tok, Anda perlu memikirkan hashtags yang tepat untuk SEO Tik Tok. Pada dasarnya Tik Tok SEO akan membantu Anda untuk mengoptimalkan konten Anda sehingga dapat dengan mudah ditemukan oleh orang-orang ketika mereka sedang menggunakan fitur pencarian di platform. 

Adapun cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan tagar yang relevan setiap kali Anda  memposting video. Namun jika Anda tidak mengerti atau tidak mengetahui tagar yang tepat atau tagar apa yang harus Anda gunakan, ketikkan kata kunci yang relevan dan luas di bagian pencarian di Tik Tok. Saat Anda melakukan ini, Tik Tok akan menyarankan serangkaian tagar yang terkait dengan apa yang Anda ketik.

Jika Anda ingin memperluas jaringan audiens Anda, maka sebaiknya Anda menggunakan atau memakai tagar yang relatif umum. Contoh umum dari hashtag yang dapat Anda pakai untuk bisnis Anda seperti halnya small business tips. Dengan adanya hashtag tersebut, maka akan semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda. Dalam penggunaan hastag tidak ada batasan jumlah yang  dapat Anda gunakan untuk video. 

Baca juga: Sejarah panjang Harbolnas dan kiat-kiat meraup untung didalamnya

Gunakan Tik Tok Ads

Tik Tok Ads merupakan salah satu cara lainnya untuk memasarkan bisnis Anda pada platform Tik Tok. Selain itu adapun manfaat iklan Tik Tok yaitu Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membangun audiens. Tik Tok Ads Menjangkau audience atau target Anda dalam 24 jam dan lebih cepat. 

Perlu Anda ketahui bahwa Tik Tok Ads memiliki empat jenis produk iklan seperti halnya InFeed Ads yaitu iklan yang muncul pada saat pengguna hendak scroll feed, Promotes Hashtag Challenge yaitu berupa iklan yang mengajak pengguna menggunakan hashtag challenge, Branded Effect/Filter berupa filter atau efek khusus yang berisi informasi produk dan Brand Takeover yaitu iklan eksklusif berupa image, gif, atau video yang hanya muncul sehari sekali saat pertama membuka aplikasi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Urusan Transaksi Jadi Lebih Fleksibel Dengan Paper.id!

Terima pembayaran lebih cepat/tempo lebih lama untuk kemajuan bisnis

Total
0
Share