Supply Chain Management Dan Perannya Dalam Memperlancar Interkoneksi Bisnis

Supply Chain Management & Perannya Dalam Memperlancar Interkoneksi Bisnis

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Supply chain management (SCM) merupakan elemen penting yang dapat membantu proses komunikasi dan kolaborasi antar divisi menjadi lebih lancar. Dengan begitu, hal ini bisa mengurangi tingkat error dan mempercepat proses guna memberikan keuntungan jangka panjang bagi sebuah perusahaan.

Tentunya, hal ini menjadi nilai plus dalam proses rantai pasok, dimana ada banyak pihak yang terlibat mulai dari manufaktur, pemasok, distributor, ritel hingga ke end-consumer atau yang disebut pelanggan.

Banyaknya pihak yang terlibat menyebabkan proses rantai pasok menjadi sangat kompleks dan kerap memakan waktu yang lama. Untuk itu, supply chain management menjadi hal penting yang perlu diterapkan.

Dengan begitu, akan ada banyak manfaat yang dirasakan oleh banyak pihak yang terlibat dalam proses rantai pasok. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan bagi mereka bagi proses bisnis? 

Baca juga: Solusi PaperTrade dalam mengatasi toko yang mangkir bayar telat tagihan

Dampak supply chain management untuk mengurangi tingkat fraud dan proses kerja

Tim Paper.id melakukan wawancara dengan sejumlah pebisnis atau expert yang bergerak di bidang supply chain management. Pertama, Paper.id mewawancarai Hermawan Sulaiman, direktur dari PT Rekayasa Informatika Distribusi Indonesia.

Menurut bapak Hermawan, SCM bisa mengurangi tingkat fraud yang terjadi dalam proses rantai pasok. Sebagai contoh, ia menceritakan soal masalah fraud yang ia alami saat bekerja di perusahaan minyak.

Ia melihat banyak pihak di lapangan terutama tim sales kerap melakukan kecurangan. Mereka memasukkan anggaran untuk pembelian kain lap mobil. Meski bernilai kecil, pembelian dalam jumlah besar dan dilakukan terus-menerus dapat merugikan perusahaan.

Dengan adanya supply chain management, para perusahaan bisa terbantu dalam mengecek laporan pembelian yang terjadi. Manajer keuangan atau direktur dapat mengecek data secara langsung melalui data yang tersaji secara digital.

Hal ini pula yang ada dalam Paper Enterprise Solution, sebuah solusi dari Paper.id untuk membantu proses pengelolaan account payable. Selain meningkatkan transparansi data, Paper.id juga mempercepat proses pengelolaan invoice dari hulu ke hilir. Klik disini untuk cari tahu lebih lanjut mengenai Paper Enterprise Solution.

Baca juga: Efek pandemi COVID-19 terhadap bisnis FMCG dan cara mengatasinya

Dampak SCM dalam bidang lain selain bisnis

Menurut Prof. Ir. Nyoman Pujawan, Dosen dari ITS & Presiden ISCEA Indonesia, SCM juga bisa memberikan dampak yang lain. Salah satunya, penyaluran vaksin untuk turut mempercepat penanganan pandemi COVID-19.

Selain itu, Hermawan Sulaiman juga mengungkapkan bahwa kemudahan itu juga bisa terasa dalam bidang lain. Hermawan mengatakan, ia membantu UMKM yang ada di daerah dengan menerapkan sistem SCM untuk laundry.

Dengan begitu, peran supply chain management membantu para pengusaha laundry dalam mengurus toko. Barang-barang yang ada tentunya bisa tersalurkan dengan mudah ke pengusaha laundry lainnya. Dengan begitu, proses pencucian baju bisa berlangsung dengan cepat dan meningkatkan keuntungan toko. 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Urusan Transaksi Jadi Lebih Fleksibel Dengan Paper.id!

Terima pembayaran lebih cepat/tempo lebih lama untuk kemajuan bisnis

Total
0
Share