Sejarah Panjang Harbolnas dan Kiat-Kiat Untuk Meraup Untung

Sejarah Panjang Harbolnas dan Kiat-Kiat Untuk Meraup Untung

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Saat ini kegiatan berbelanja online merupakan suatu kegiatan yang paling diminati hampir semua kalangan masyarakat terutama kaum milenial. Tentunya hal tersebut membuat meningkatnya tren transaksi online di kalangan masyarakat, khususnya pada event-event tertentu seperti halnya Harbolnas. 

Harbolnas sendiri merupakan singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Pada event harbolnas biasanya hampir seluruh e-commerce di Indonesia dan penyedia barang atau produk akan memberikan penawaran menarik, baik berupa diskon, cashback, pengiriman gratis dan lain sebagainya. 

Tidak hanya itu bahkan berbagai penawaran cashback menggunakan e-wallet dari perusahaan e-commerce di Indonesia juga turut diberikan untuk meningkatkan antusiasme pelanggan.

Baca juga: Fungsi mesin EDC dalam melancarkan transaksi bisnis

Sejarah Harbolnas

Nama Harbolnas merupakan singkatan dari Hari Belanja Online Nasional dalam bahasa Indonesia. Biasanya digelar hanya dalam satu hari, Harbolnas pertama diadakan pada tanggal 12 Desember 2012 melalui kolaborasi beberapa marketplace dan toko e-Commerce terbesar di Indonesia. 

Tujuannya adalah untuk mendorong konsumen Indonesia berbelanja online, dengan gagasan bahwa jika banyak toko Indonesia berkolaborasi daripada bersaing, mereka akan mendapatkan hasil penjualan yang lebih besar. Perayaan Harbolnas ini terinspirasi dari perayaan belanja online Cyber ​​Monday dan Black Friday yang biasa dirayakan di Amerika, Kanada, Inggris, Jerman, dan Jepang. 

Adapun yang menjadi pelopor di Indonesia adalah beberapa situs e-commerce besar seperti Lazada, Zalora, BerryBenka, PinkEmma, ​​Bilna, Traveloka, Luxola, dan beberapa situs e-commerce lainnya. Saat diadakannya acara ini, ternyata mendapat antusias respon yang sangat baik oleh masyarakat, sehingga acara harbolnas ini terus berlangsung setiap tahunnya. 

Namun seiring berjalannya waktu, kegiatan atau acara harbolnas ini mengalami perubahan. Saat ini harbolnas tidak lagi diadakan setiap tahun, harbolnas dapat Anda rasakan setiap bulan pada tanggal dan bulan yang sama seperti contoh nya 11.11 atau 12.12 dan tanggal yang sama pada bulan selanjutnya.

Berikut ini merupakan 3 tips belanja online yang lebih aman:

  • Hati-hati dengan Diskon yang Ditawarkan

Bersikaplah rasional dan jangan langsung tergiur dengan diskon yang cukup besar. Selalu pastikan bahwa pemotongan harga didasarkan pada nilai pasar aslinya dan ‘diskon palsu’ di mana harga produk tiba-tiba meningkat sebelum perlakuan diskonnya.

  • Periksa Kredibilitas Toko

Selalu pastikan bahwa Anda sebagai konsumen berinteraksi dengan penyedia layanan belanja online asli dan toko online yang didukung dengan identitas yang jelas. Jangan pernah ragu untuk melakukan pemeriksaan latar belakang toko dan awasi jumlah keluhan atau umpan balik negatif dari toko.

  • Mekanisme Pelayanan dan Pengaduan

Hanya berbelanja dari pengecer online yang menawarkan mekanisme layanan yang jelas yang mencakup dan menampung segala potensi keluhan dari setiap cacat pada produk yang Anda beli secara online.

Jika Anda sudah menerapkan dan mengerti tips diatas maka dibawah ini merupakan hal yang Anda harus lakukan saat hendak berbelanja pada waktu harbolnas.

Baca juga: Mengenal fungsi virtual account dalam transaksi bisnis

Buat Daftar Keinginan atau Belanjaan Anda

Pelanggan dapat memilih untuk membuat daftar keinginan di situs web platform terlebih dahulu, yang akan memungkinkan mereka untuk melacak barang yang diinginkan dengan lebih mudah pada hari belanja.

Nyalakan Notifikasi

Seperti yang diketahui bahwa pada saat harbolnas tidak hanya Anda yang ikut berpartisipasi maka agar Anda tidak ketinggalan promo di e-commerce atau toko online yang Anda inginkan, nyalakan notifikasi dari e-commerce yang Anda tuju.

Bayar Segera

Saat mengikuti harbolnas sebaiknya pelanggan untuk segera membayar barang setelah mereka check-out. Dalam hal ini internet banking dan kartu kredit akan memungkinkan konsumen untuk melakukan transaksi lebih cepat. Dan pastikan Internet Anda dalam keadaan jaringan yang aman dan stabil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Urusan Transaksi Jadi Lebih Fleksibel Dengan Paper.id!

Terima pembayaran lebih cepat/tempo lebih lama untuk kemajuan bisnis

Total
0
Share