Peran Penting Anak Muda Dalam Memajukan Ekonomi Indonesia

Peran Penting Anak Muda Dalam Memajukan Ekonomi Indonesia

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Berdasarkan Sensus Penduduk Antar Sensus (SUPAS), Indonesia akan mencapai usia penduduk produktif pada tahun 2040 – 2045 dengan jumlah penduduk hingga 185,22 juta jiwa atau 68,7% seperti dilansir dari Katadata. 

Jumlah penduduk usia yang produktif dinilai menjadi faktor pasti untuk mendukung kemajuan ekonomi. Namun, banyak pengamat yang menilai jika hal tersebut disertai dengan faktor pendukung, maka bisa dipastikan tidak akan berjalan dengan baik.

Hal ini turut diamini oleh Sabrina Anggraini, Puteri Indonesia Provinsi Riau tahun 2019 serta co-founder dari Natuno Design Lab. Lewat wawancara dengan Paper.id beliau mengatakan adanya faktor-faktor yang perlu dipenuhi oleh anak-anak muda agar produktif dan berperan penting dalam kemajuan Indonesia.

Faktor yang perlu dimiliki oleh anak mudah untuk menopang perekonomian Indonesia

Sabrina menilai, anak muda bisa berperan penting dalam memajukan Indonesia. Tapi, anak muda juga perlu mempelajari faktor-faktor apa saja yang membantu mereka lebih produktif. Dalam hal ini, ada 3 hal yang perlu dipenuhi yakni:

  • Berpikir kritis
    Pemikiran yang kritis membentuk seseorang menjadi pribadi yang tidak mudah mempercayai informasi yang salah. Dengan begitu, hal ini membantu anak muda dalam menyaring informasi yang sangat kencang pada zaman sekarang
  • Kreativitas
    Anak muda juga dinilai sebagai pribadi yang kreatif. Mereka kerap menelurkan ide-ide yang berbeda dari apa yang pernah terjadi. Tentunya, hal ini membantu perekonomian untuk lebih maju serta mengatasi masalah-masalah yang lama.
  • Kolaborasi
    Terakhir, faktor lainnya yang perlu dipenuhi adalah kolaborasi. Peran kerjasama antar anak muda tentunya membantu mereka mencapai sebuah tujuan dengan lebih cepat karena adanya kolaborasi yang mempengaruhi kemudahan dalam menjangkau dan mengatasi permasalahan.

Pemerintah ingin menggalakkan kewirausahaan milenial

Dilansir dari Okezone, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KEMENKOPUKM) ingin lebih menggalakkan anak-anak muda untuk membangun usaha sejak dini.

Secara angka, mereka menargetkan angka sekitar 3,9% dari angka yang ada di tahun 2024. Penambahan tersebut dinilai sudah cukup untuk membawa angin segar dalam kemajuan ekonomi tanah air.

Tentunya, hal ini juga perlu dipengaruhi oleh iklim bisnis yang berjalan dengan positif. Sayangnya, hal tersebut terkendala oleh pandemi COVID-19 yang belum beralih sama sekali. Pemerintah perlu menargetkan adanya langkah-langkah pasti untuk mengatasi pandemi. 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Urusan Transaksi Jadi Lebih Fleksibel Dengan Paper.id!

Terima pembayaran lebih cepat/tempo lebih lama untuk kemajuan bisnis

Total
0
Share