Menengok Peluang Metaverse Untuk Bisnis di Indonesia

Menengok Peluang Metaverse Untuk Bisnis di Indonesia

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Sejak Meta membagikan visinya untuk metaverse, makan implikasinya pada bisnis yaitu metaverse menawarkan peluang komersial yang besar dan sangat menarik khususnya, pada platform digital. Hal tersebut tentunya tidak luput dari berkembangnya dunia online dan digital saat ini yang telah memengaruhi hampir setiap aspek kehidupan kita, mulai dari kerja tim dan kolaborasi, hingga tetap terhubung secara virtual, hingga belanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Baca juga: Efek pandemi COVID-19 terhadap pesatnya kemajuan e-commerce di Indonesia

Potensi transformatif metaverse hanya dapat diwujudkan jika adanya fondasi yang kuat. Berikut ini merupakan empat pilar teknologi yang menjadi sandaran lingkungan baru ini:

  • Konstruksi Holografik

Digunakan untuk membangun model geometris dunia virtual yang dapat dilihat pada perangkat untuk menciptakan lingkungan yang imersif bagi pengguna. Konstruksi holografik memungkinkan pengguna untuk, misalnya, melihat versi realitas virtual apartemen dan bangunan

  • Simulasi Holografik

Digunakan untuk menyelaraskan dunia virtual dengan dunia nyata misalnya, kembaran digital atau pasangan virtual seseorang atau objek bereaksi dengan cara yang mirip dengan orang atau objek di dunia fisik.

  • Integrasi Virtualitas Realitas, 

Memungkinkan pengembangan peta 3D dunia fisik untuk mencapai penentuan posisi yang akurat. 

  • Keterkaitan Virtualitas Realitas

yang memerlukan transformasi dunia fisik melalui perubahan di dunia virtual.

Fokus Pada Aplikasi 2D Merupakan Jembatan Masa Depan Metaverse

Metaverse akan menjadi peluang terbesar untuk bisnis modern dan menjadi penerus internet seluler saat ini. Seperti saat ini kita menyadari bahwa cara utama seseorang dalam mengalami metaverse yaitu melalui aplikasi 2D. Ini berarti sangat penting untuk tetap fokus pada keterampilan yang Anda gunakan hari ini untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di Facebook, Instagram, Messenger, atau WhatsApp, karena ini akan menjadi dasar untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di metaverse di masa depan.

Metaverse Disebut Dapat Meningkatkan Pengalaman Dunia Nyata

Penggunaan AR saat ini merupakan salah satu contoh yang dinilai baik tentang bagaimana Metaverse dan dunia nyata telah bergabung. Perusahaan telah memutuskan bahwa Metaverse tidak menutup di ruang virtual, tetapi meningkatkan kualitas pengalaman dengan menyatu dengan dunia nyata. Hal tersebut dilihat dari bisnis pelanggan yang dapat menggunakan AR untuk menempatkan furnitur virtual di rumah dan untuk memeriksa koordinasi mereka. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa bisnis yang ingin memanfaatkan pengalaman AR mereka, terlepas dari industri, akan dapat bereksperimen dengan berbagai kasus penggunaan di Metaverse.

Metaverse Akan Dibuat Bersama dan Dibangun dengan Bertanggung Jawab

Tidak ada perusahaan yang akan membangun metaverse sendirian. Ini akan menjadi kemitraan global dengan bisnis, pembuat konten, pembuat kebijakan, pengusaha, dan banyak lagi.

Sejak awal, metaverse akan dibangun dengan kerangka dan fondasi untuk menciptakan ruang di mana orang dapat, dan merasa aman. Integritas, keamanan, dan privasi akan terjalin, serta akan bekerja sama dengan para ahli di pemerintahan, industri, dan akademisi untuk memikirkan masalah dan peluang di metaverse.

Baca juga: Tik tok, kenapa bisa populer dan cocok untuk marketing bisnis apa saja?

Jadi apa yang saat ini bisnis bisa lakukan? 

Internet seluler memungkinkan cara baru untuk mempersonalisasi pengalaman guna memenuhi ekspektasi yang berkembang dari orang-orang tentang bagaimana mereka ingin terlibat dengan bisnis. Kami percaya metaverse akan meningkatkan tren ini, dan teknologi Meta akan memainkan peran penting.

Namun seperti halnya dengan mobile internet, peluang bisnis akan mengikuti perilaku konsumen. Itulah mengapa penting untuk terus membangun bisnis Anda untuk peluang saat ini dengan berinovasi, bereksperimen, dan menumbuhkan audiens Anda, baik di media sosial seperti halnya Facebook, Instagram, Messenger, atau WhatsApp karena koneksi yang Anda bangun di platform ini sekarang akan tetap berlaku di metaverse. 

Merek paling sukses dalam sejarah bisnis telah berevolusi dan tetap relevan dengan memahami kebutuhan pelanggan yang berubah. Anda dapat mengambil langkah di metaverse dengan membangun saluran perdagangan baru melalui Facebook Shop dan Instagram Shop atau dengan membuat filter dengan Spark AR. Anda juga dapat mencoba membuat iklan augmented reality yang membantu pelanggan memahami produk Anda dari rumah mereka.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Urusan Transaksi Jadi Lebih Fleksibel Dengan Paper.id!

Terima pembayaran lebih cepat/tempo lebih lama untuk kemajuan bisnis

Total
0
Share