Mengenal Lebih Dekat Tentang ACH Payment

Mengenal Lebih Dekat Tentang ACH Payment

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Transfer ACH adalah transfer uang elektronik antar bank yang diproses melalui Jaringan Automated Clearing House (ACH). Jaringan ACH itu sendiri merupakan sistem pemrosesan batch yang digunakan bank dan lembaga keuangan lainnya dalam menggabungkan transaksi untuk segera diproses.

Tanpa disadari Anda mungkin pernah menggunakan transfer ACH ini. Seperti halnya pembayaran Anda melalui setoran langsung atau membayar tagihan Anda secara online melalui rekening bank Anda, merupakan dua contoh dari transfer ACH. Selain itu Anda juga dapat menggunakan transfer ACH untuk melakukan setoran tunggal atau berulang ke rekening pensiun individu (IRA), rekening perantara kena pajak, atau rekening tabungan perguruan tinggi. Disaping itu pemilik bisnis juga dapat menggunakan ACH untuk membayar vendor atau menerima pembayaran dari klien atau pelanggan.

Baca juga: Peran bank Indonesia dalam memastikan kelancaran transaksi bisnis

Berdasarkan hal diatas transfer ACH memiliki banyak kegunaan dan dapat lebih menghemat biaya dan ramah pengguna daripada menulis cek, membayar dengan kartu kredit atau debit. Jika Anda ingin tahu tentang cara kerja transfer ACH, Berikut merupakan hal yang harus dipahami seperti:

Jenis Transfer ACH Payment

Dengan banyaknya kegunaan dari transfer ACH dapat membuat atau menjadikan hidup Anda lebih mudah baik bagi pengirim dan penerima dana. Hal ini dikarenakan jaringan ACH memproses dua jenis transaksi ACH yaitu setoran langsung dan pembayaran langsung sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan pekerjaan manual seperti menulis cek, atau ketika Anda harus mengantar pembayaran tagihan Anda ke perusahaan listrik sebelum tanggal jatuh tempo. Dengan menggunakan metode transfer ACH memungkinkan Anda mengirim dan menerima uang dengan nyaman dan aman tanpa harus meninggalkan rumah.

Setoran Langsung ACH

Setoran langsung ACH adalah segala jenis transfer elektronik yang dilakukan dari badan usaha atau pemerintah kepada konsumen. Jenis pembayaran yang termasuk dalam kategori ini meliputi setoran langsung seperti:

  • Gaji
  • Pengembalian Pajak
  • Pembayaran Anuitas
  • Pembayaran Bunga

Pembayaran Langsung ACH

Pembayaran langsung dapat digunakan oleh individu, bisnis, dan organisasi lain untuk mengirim uang. Misalnya, jika Anda membayar tagihan secara online dengan rekening bank Anda, itu adalah pembayaran langsung ACH. Dalam transaksi pembayaran langsung ACH, orang yang mengirim uang dapat melihat debit ACH muncul di rekening bank mereka. Debit ini menunjukkan kepada siapa uang itu dibayarkan dan berapa jumlahnya. Orang atau badan yang menerima uang itu akan mencatatnya di rekening bank mereka sebagai kredit ACH.

Keuntungan Transfer ACH

Menggunakan transfer ACH untuk membayar tagihan atau melakukan pembayaran dari orang ke orang menawarkan beberapa keuntungan, dimulai dengan kenyamanan. Seperti membayar tagihan utilitas, atau pengeluaran bulanan berulang lainnya dengan menggunakan pembayaran ACH elektronik mungkin lebih mudah dan lebih sedikit memakan waktu daripada menulis dan mengirimkan cek.

Selain itu, pembayaran ACH bisa lebih aman daripada bentuk pembayaran lainnya. Adapun waktu dalam proses pengiriman dan penerimaan dari sistem pembayaran ACH biasanya dalam transaksi seperti transfer dana dari satu bank ke bank lain melalui Jaringan ACH umumnya terjadi pada hari berikutnya setelah dimulai. Biaya transfer ACH umumnya gratis, tergantung di mana bank Anda dan jenis transfer yang Anda lakukan.

Kerugian dari Transfer ACH

Banyaknya manfaat dan kegunaan serta kenyamanan yang ditawarkan dengan transfer ACH, belum tentu tidak memiliki kekurangan atau kerugian. Ada beberapa kelemahan potensial yang perlu diingat saat menggunakannya, terutama untuk memindahkan uang dari satu bank ke bank lain, mengirim pembayaran, atau membayar tagihan.

Batas Transaksi Transfer ACH

Banyak bank memberlakukan batasan berapa banyak uang yang dapat Anda kirim melalui transfer ACH. Memungkinkan adanya pembatasan per transaksi, batas harian, dan batas bulanan atau mingguan. Mungkin ada satu batasan untuk pembayaran tagihan dan batasan lainnya untuk transfer ke bank lain atau pembatasan satu jenis transaksi ACH misalnya, larangan untuk melakukan transfer internasional.

Baca juga: 5 jenis bisnis online yang bisa dicoba di rumah

Waktu untuk Transfer ACH

Saat Anda memilih untuk mengirim transfer ACH, waktu merupakan suatu hal penting. Itu karena tidak setiap bank mengirimkannya untuk pemrosesan bank pada saat yang bersamaan. Mungkin akan ada batas waktu yang Anda perlukan untuk memasukkan transfer agar diproses pada hari kerja berikutnya.

Transfer ACH bisa menjadi cara yang relatif mudah untuk mengirim atau menerima uang. Apa pun itu, pastikan Anda memahami kebijakan bank Anda untuk setoran langsung dan pembayaran langsung ACH. Anda juga harus waspada terhadap penipuan transfer ACH.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Urusan Transaksi Jadi Lebih Fleksibel Dengan Paper.id!

Terima pembayaran lebih cepat/tempo lebih lama untuk kemajuan bisnis

Total
0
Share