Efek Pandemi COVID19 Terhadap Pesatnya Kemajuan E Commerce di Indonesia

Efek Pandemi COVID-19 Terhadap Pesatnya Kemajuan E-Commerce di Indonesia

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Meningkatnya penetrasi internet dan digitalisasi telah mendorong pertumbuhan e-commerce, terlebih selama pandemi Covid-19 yang membuat hampir semua usaha atau bisnis terpaksa beralih pada platform online. Dengan tingkat penetrasi digital yang tinggi di Indonesia dan industri e-commerce yang berkembang membawa tren baru dari waktu ke waktu telah mendesak pebisnis untuk menciptakan pengalaman yang baru bagi konsumen mereka.

Dengan berbagai saluran yang tersedia saat ini, tentunya membuat masyarakat Indonesia secara bertahap menuju konsumen yang mahir secara digital dan telah efektif dalam membantu bisnis beradaptasi dengan kemajuan. Hal ini ditandai dengan perkembangan selama beberapa tahun terakhir, dimana sistem online terintegrasi dan mengelola berbagai aspek penting bisnis, seperti: 

  • Penjualan
  • Pembayaran
  • Logistik
  • Pemenuhan
  • Operasi pergudangan
  • Back-office
  • Loyalitas pelanggan

Baca juga: Melihat kepopuleran Tik Tok dan cara memasarkan bisnis disana

Berikut ini merupakan tren dari E-commerce yang mempengaruhi beberapa aspek seperti:

Perkembangan e-commerce di Indonesia

Sejak awal kemunculannya, e-commerce telah membawa dampak besar pada industri ritel lokal. Didorong oleh pesatnya perkembangan internet dan teknologi seluler, sektor ini telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa selama dekade terakhir. 

Umumnya, e-commerce membutuhkan lebih banyak ruang logistik dibandingkan dengan ritel tradisional karena sebagian besar inventaris pengecer disimpan di gudang, daripada ditempatkan di antara gudang dan toko. Berbeda halnya dengan pengecer online yang cenderung memiliki lebih banyak produk dalam inventarisnya, sehingga membutuhkan penyimpanan yang relatif lebih besar dan lebih komprehensif yang dapat mengakomodasi dan dengan mudah beradaptasi dengan tren bisnis yang berubah.

Pembayaran online di Indonesia

Jika Anda memiliki bisnis online, maka sistem pembayaran merupakan hal penting yang Anda harus pikirkan. Adapun bentuk pembayaran online yang paling umum digunakan adalah kartu kredit dan kartu debit, yang lainnya adalah e-wallet dan transfer bank. 

Dengan adanya pembayaran online akan memudahkan pembeli atau pelanggan dalam proses pembayaran, dan pembayaran menjadi lebih fleksibel. Seperti contohnya jika pelanggan Anda membayar menggunakan kartu kredit, maka pembeli bisa membayar dengan metode mencicil dan dapat meringankan beban pembeli. Namun pada pembayaran online, perlu dilakukan melalui koneksi yang aman untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian atau penyalahgunaan informasi pribadi.

Berkembangnya sistem pengiriman barang

Sistem pengiriman barang atau yang sering disebut dengan ekspedisi merupakan hal yang tidak kalah penting karena berhubungan dengan keberhasilan suatu usaha atau bisnis. Berkembang pesatnya bisnis online atau e-commerce saat ini membuat semakin banyaknya jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia. 

Dengan popularitas e-commerce yang meningkat ini telah membantu pelanggan menemukan barang yang sulit mereka dapatkan. Oleh karena itu baik masyarakat dikota maupun di pedesaan dapat dengan mudah mendapatkan dan mengakses barang yang mereka inginkan, karena saat ini proses pengiriman sudah bukan lagi merupakan kendala besar. Berikut ini merupakan online marketplace terbaik di Indonesia, antara lain:

Tokopedia

Situs jual beli online terlengkap dengan berbagai pilihan toko online terpercaya. Belanja online mudah dan menyenangkan di tokopedia serta pengiriman cepat merupakan motivasi yang ingin mereka capai. Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia yang berspesialisasi dalam e-commerce. 

Didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, tokopedia berusaha terus mengembangkan dan berinovasi dengan meluncurkan fitur Quick Reply. Adapun yang menjadi fungsi dari fitur ini yaitu memungkinkan pelapak untuk membalas pesan dari pembeli tanpa harus repot membuka aplikasi. 

Baca juga: Mengenal Black Friday, hari raya para seller di Amerika

Shopee

Shopee merupakan platform e-commerce yang beroperasi di Singapura pertama kali pada  lima tahun silam. Saat ini dapat dikatakan shopee merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Kemudahan penggunaan aplikasi yang ditawarkan menjadikan Shopee sebagai pilihan utama para pedagang online maupun konsumen online. 

Selain itu promo gratis ongkir yang ditawarkan oleh platform  e-commerce ini menjadikan daya tarik tersendiri di mata pelanggan. Untuk terus mempertahankan eksistensinya di mata pelanggan, shopee trus meluncurkan fitur-fitur menarik lainnya seperti memanfaatkan berbagai game interaktif seperti halnya Shopee Tanam, Shopee Tangkap, Shopee Poly, dan lain sebagainya.

Bukalapak

Platform e-commerce ketiga yang paling banyak dikunjungi dan diminati oleh masyarakat Indonesia adalah bukalapak dengan pengguna aktif lebih dari 35 juta. Didirikan pada 2010, bukalapak ditujukan sebagai lapak online bagi pelaku UMKM. Kini bukalapak memiliki Kategori produk yang paling banyak dicari oleh para penggunanya atau masyarakat di antaranya seperti produk elektronik, fashion, dan hobi & gaya hidup.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Urusan Transaksi Jadi Lebih Fleksibel Dengan Paper.id!

Terima pembayaran lebih cepat/tempo lebih lama untuk kemajuan bisnis

Total
0
Share