Mengenal Charge Card dan Kegunaannya Dalam Bisnis

Mengenal Charge Card dan Kegunaannya Dalam Bisnis

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Charge card adalah kartu yang mengharuskan pembayaran penuh setiap bulan. Kartu tersebut tidak memiliki batas pengeluaran yang telah ditetapkan seperti layaknya kartu kredit. Pada pembelian disetujui berdasarkan riwayat pengeluaran dan pembayaran, sumber daya keuangan, dan catatan kredit.

Hal tersebut dikarenakan saldo kartu kredit harus dibayar seluruhnya pada tanggal jatuh tempo, tidak ada suku bunga atau pembayaran minimum. Jika tagihan tidak dibayar tepat waktu, biaya keterlambatan dan denda lainnya dapat terjadi, tergantung pada ketentuan yang telah ditetapkan pada kartu.

Baca juga: Keuntungan menerima pembayaran QRIS untuk B2B

Selain itu adapun yang menjadi keuntungan charge card yaitu mereka populer karena hadiah dan manfaat yang mereka tawarkan dengan setiap pembelian. Pemegang kartu dapat memperoleh poin dan bahkan kredit pernyataan dengan pembelian mereka, seringkali dengan poin ganda dan tiga kali lipat untuk biaya makan dan perjalanan.

Penerbit kartu menawarkan kepada pemegang kartu paparan berbagai macam barang standar, merek mewah, dan penawaran perjalanan yang dapat dibeli dengan poin yang terakumulasi dari kartu kredit. Berbeda halnya dengan akun kartu kredit yang memiliki batas kredit dan mengizinkan pengguna untuk membawa saldo pada tingkat bunga yang disepakati, itulah sebabnya Anda hanya akan melihat penawaran pengantar 0 persen APR saat melakukan pembelian melalui kartu kredit.

Bagaimana cara kerja charge card?

Umumnya charge card bekerja seperti kartu kredit dan berfungsi dengan cara yang sama untuk melakukan pembelian. Mereka sering memiliki beberapa fitur yang sama, termasuk hadiah dan fasilitas. Namun pada charge card, mereka dirancang untuk dilunasi segera. Oleh karena itu, mereka tidak memiliki promosi bunga 0%, dan mereka bukan pilihan untuk transfer saldo. 

Charge card vs. kartu kredit

Istilah charge card dan kartu kredit sering digunakan secara bergantian, tetapi seperti yang kita ketahui, ada beberapa perbedaan utama:

  • Batas pembelanjaan

Charge card tidak memiliki batas pembelanjaan yang telah ditentukan sebelumnya, tetapi itu tidak berarti daya beli Anda tidak terbatas. Sebaliknya, batasnya bersifat dinamis dan disesuaikan untuk mencerminkan kapasitas pembelanjaan yang dirasakan pelanggan.

  • Bunga

Pada charge card harus dibayar penuh setiap bulan, jadi tidak ada bunga yang dibebankan.

  • Biaya keterlambatan

Dalam membebankan bunga, saldo charge card yang belum dibayar menimbulkan biaya keterlambatan pembayaran yang biasanya merupakan persentase dari jumlah keterlambatan jatuh tempo.

Biaya tahunan

Charge card hampir selalu menampilkan biaya tahunan. Ada banyak kartu kredit, di sisi lain, yang tidak memerlukan biaya tahunan dari pemegang kartu. Selain itu banyak perusahaan kartu kredit yang menghasilkan sebagian besar uang mereka dari biaya bunga. Mereka membebankan biaya ini ketika orang tidak membayar penuh dan membawa saldo ke siklus penagihan berikutnya. Karena charge card harus dibayar penuh setiap bulan, perusahaan charge card tidak dapat mengandalkan pendapatan dari biaya bunga pada kartu tersebut. Akibatnya, mereka membebankan biaya tahunan untuk membantu menutupi biaya operasional dan mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Memahami tentang note payable dalam bisnis

Jika Anda dapat membayar saldo Anda secara penuh, tidak ada banyak perbedaan antara kedua jenis kartu, meskipun daya beli Anda mungkin sedikit lebih tinggi dengan charge card. Kartu kredit teratas akan memberi Anda lebih banyak pilihan dalam hal hadiah, penggunaan yang fleksibel, dan keanggotaan tahunan yang lebih murah. Namun, bagi mereka yang ingin menghindari bunga, mendapatkan hadiah kelas atas, atau membutuhkan kemampuan untuk membelanjakan uang dalam jumlah besar, charge card mungkin merupakan pilihan yang tepat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Urusan Transaksi Jadi Lebih Fleksibel Dengan Paper.id!

Terima pembayaran lebih cepat/tempo lebih lama untuk kemajuan bisnis

Total
0
Share