Pernahkah Anda menghitung berapa besar biaya dan waktu yang Anda gunakan untuk invoice penagihan? Tentu, Anda tidak pernah memikirkan hal ini, karena yang Anda pedulikan hanya mengirim invoice penagihan dan menerima pembayaran secepatnya bukan?
Tenang, Anda mungkin bukan satu-satunya orang yang memikirkan hal tersebut. Karena, ada banyak orang yang juga memiliki prinsip yang sama dengan Anda. Namun, setiap invoice yang Anda buat dan kirim, Anda perlu menghitung berapa lama proses yang dibutuhkan serta besaran biaya yang dibutuhkan untuk mengurus sebuah invoice.
Kali ini, Paper.id telah mengumpulkan sejumlah fakta mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat invoice penagihan dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, hal ini akan ditambahkan fakta mengenai besaran biaya yang dibutuhkan.
Fakta tentang waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk invoice penagihan
Sebelum kita mulai membedah besaran waktu dan biaya yang dibutuhkan, mari kita melihat tahapan-tahapan apa saja yang dilewati untuk invoice penagihan. Proses penagihan dimulai dengan membuat invoice hingga pembayaran seperti, pembuatan invoice, pengiriman invoice, revisi, invoice disetujui klien, klien membayar.
Menurut Fidesic, satu invoice membutuhkan biaya sebesar Rp 118.000. Biaya ini mencakup biaya kertas, pengiriman, tinta printer, dan biaya maintenance untuk mesin cetak. Yang mengejutkan, setiap perusahaan menghabiskan waktu sekitar 260 jam perbulannya.
Berdasarkan data diatas, Anda sudah tahu berapa besaran biaya yang harus Anda habiskan jika Anda mengurus ratusan hingga ribuan invoice bukan? Oke, perusahaan bisa saja sudah menyediakan budget yang cukup untuk mengurusi hal tersebut. Tapi, bukankah lebih baik jika ada cara alternatif untuk mengurangi biaya dan waktu yang digunakan?
Proses revisi yang rumit dan bisa memperlambat pembayaran
Dalam pembahasan sebelumnya, kita telah membahas mengenai besaran biaya dan waktu yang digunakan untuk mengurusi satu invoice. Lantas, berapa besaran biaya yang dihabiskan untuk revisi?
Revisi invoice terjadi jika ada kesalahan data pada invoice. Pada umumnya, setiap perusahaan menghabiskan kurang lebih $20 untuk merevisi invoice mereka menurut Gartner Group. Biaya ini mencakup biaya pengiriman, kertas dan juga tinta printer yang digunakan.
Waktu yang dihabiskan untuk revisi tentunya berbeda-beda, tergantung kepada tingkat kerumitan masalah yang terjadi. Bukan hanya itu, masalah komunikasi juga dapat mengancam proses pembayaran. Proses komunikasi yang berbeda membuat proses pembayaran jadi melambat.
Paper.id menyediakan solusi PaperChain untuk mempermudah proses tukar faktur. Anda dapat mengecek status dokumen secara langsung agar tahu jika email terkirim dengan benar. Bukan hanya itu saja, Anda bisa tahu jika invoice sudah dibuka atau belum.
PaperChain juga menyediakan fitur chatting antara Anda dengan mitra sehingga Anda bisa berkomunikasi secara langsung layaknya whatsapp. Pengiriman juga dapat dilakukan melalui Email/Whatsapp/SMS.