6 Cara Mudah Memilih Program ERP Untuk Bisnis Anda

6 Cara Mudah Memilih Program ERP Untuk Bisnis Anda

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Berkembangnya teknologi saat ini telah membawa banyak kemudahan dalam melaksanakan tugas bisnis sehari hari, seperti program ERP. Sekarang ini telah banyak perusahaan yang beralih ke program ERP yang lebih canggih dengan fitur dan kemampuan yang dibutuhkan untuk membantu merampingkan proses pekerjaan Anda, membuat alur kerja Anda lebih mudah dan menambah nilai secara keseluruhan untuk bisnis Anda.

Berikut ini akan dijelaskan tentang apa yang dapat dilakukan oleh perangkat lunak ERP, membahas keuntungan memilih program ERP yang tepat untuk bisnis Anda dan menjelaskan apa yang harus dicari dalam solusi perencanaan sumber daya perusahaan untuk manfaat yang optimal.

Baca juga: Menengok peluang Metaverse untuk bisnis di Indonesia

Apa itu Sistem ERP?

Sistem ERP adalah perangkat lunak yang memungkinkan bisnis Anda mengelola semua aspek operasionalnya sehari-hari, mulai dari akuntansi, manajemen proyek, hingga manajemen rantai pasokan, dan manufaktur, yang terus mengalami pembaruan terus-menerus untuk menyediakan data waktu nyata kepada semua orang yang menggunakannya. 

Program ERP telah umum digunakan di berbagai industri dan aplikasi, termasuk perawatan kesehatan, organisasi nirlaba, pendidikan, utilitas, dan layanan keuangan, misalnya. Hal tersebut dikarenakan sistem ini dapat membantu bisnis dalam mengkoordinasikan dan merampingkan fungsi alur kerja, khususnya untuk perusahaan besar dengan banyak departemen atau cabang. 

Mengapa Sebuah Bisnis Membutuhkan Program ERP? 

Hampir setiap bisnis memiliki banyak fungsi dan proses layanan pelanggan, layanan keuangan, dan manajemen inventaris. Dibutuhkan cara untuk membuat proses-proses tersebut bekerja bersama sebagai satu kesatuan yang terintegrasi. 

Dengan menggunakan sistem ERP membuat tujuan itu menjadi kenyataan. Sistem ini menyediakan repository terpusat untuk informasi yang dapat digunakan oleh banyak departemen berbeda, ditambah serangkaian fungsi lanjutan untuk membuat tugas sehari-hari lebih mudah. 

ERP yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam produktivitas dan kesuksesan bisnis Anda, jadi pastikan Anda memilih ERP yang terbaik untuk perusahaan Anda. Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika memilih sistem ERP adalah menentukan kebutuhan dan persyaratan bisnis khusus perusahaan Anda. Berikut ini merupakan beberapa pertimbangan dan tips bagaimana memilih program ERP yang tepat untuk bisnis Anda.

Fitur dan Kegunaannya Dalam Mempermudah Proses Bisnis

Jika Anda memilih software ERP, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah apakah ERP memiliki modul dan fitur yang dibutuhkan bisnis Anda. Sebagian besar perangkat lunak dalam perencanaan sumber daya perusahaan dapat melakukan banyak hal, jadi pastikan sistem yang Anda pilih dioptimalkan untuk fungsionalitas yang Anda butuhkan.  

Jika layanan keuangan merupakan prioritas yang kuat, pastikan sistem ERP yang Anda pilih memiliki fitur proses akuntansi yang kuat seperti buku besar, modul hutang dan piutang serta modul tambahan untuk area seperti inventaris dan manajemen rantai pasokan. 

Selain itu membandingkan fungsionalitas dan fitur sistem ERP yang berbeda adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang laba atas investasi (ROI) yang akan Anda terima dari masing-masing sistem. Proses ini akan membantu Anda dalam merinci apa yang dapat dilakukan sistem dan nilai apa yang akan ditambahkan ke bisnis Anda.

Proses Integrasi Dengan Bisnis

Ketika Anda berpikir tentang cara memilih perangkat lunak ERP terbaik, hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa baik sistem perencanaan sumber daya perusahaan terintegrasi dengan solusi perangkat lunak lain yang digunakan bisnis Anda. Faktanya, 59% dari pemakai ERP melaporkan bahwa kebutuhan untuk meningkatkan integrasi data antara proses bisnis yang berbeda adalah alasan mengapa mereka mencari sesuatu yang baru.

Dalam layanan keuangan, Anda mungkin memerlukan akses ke laporan bisnis yang berbeda untuk membantu pekerjaan akuntansi Anda. Dalam hal ini, Anda perlu memastikan sistem ERP Anda bekerja dengan program khusus yang digunakan di departemen lain sehingga Anda dapat mengakses informasi yang diperlukan.

Reputasi Perusahaan Penyedia ERP

Saat Anda mempertimbangkan untuk memilih sistem ERP, Anda juga harus memeriksa reputasi perusahaan ERP. Apakah bisnis tersebut memiliki reputasi yang kuat dalam hal kualitas dan keandalan, dan apakah bisnis tersebut memiliki pengalaman dengan industri bisnis Anda. Pastikan untuk memeriksa ulasan online untuk mempelajari pendapat klien lain tentang pengalaman mereka dengan penyedia perangkat lunak ini. 

Harga Program ERP

Dalam memilih perangkat lunak ERP juga melibatkan pertimbangan biaya terkait. Pengeluaran ini termasuk total biaya sistem, biaya implementasi dan biaya sumber daya tambahan yang diperlukan. Pastikan untuk mempertimbangkan biaya dengan nilai saat Anda merencanakannya. Biaya tinggi tidak selalu berarti nilai tinggi. Jika perangkat lunak ERP mahal dan berisi banyak fitur yang tidak akan Anda gunakan, nilainya untuk operasi bisnis Anda akan relatif rendah. Oleh karena itu pastikan Anda mendapatkan manfaat dan fungsionalitas paling sesuai untuk investasi Anda.

Baca juga: Efek pandemi COVID-19 terhadap kemajuan e-commerce di Indonesia

Implementation Process

Ketika memilih perangkat lunak ERP, pikirkan tentang proses implementasi dan apa yang dibutuhkannya. Beberapa sistem ERP lebih rumit dan lebih memakan waktu untuk diterapkan karena karyawan akan membutuhkan pelatihan ekstensif tentang perangkat lunak yang tidak dikenal. Anda harus menentukan ERP mana yang akan lebih mudah dikuasai oleh bisnis Anda. Tidak hanya itu Anda juga harus mencari tahu dukungan implementasi apa yang ditawarkan perusahaan perangkat lunak, sebab beberapa organisasi umumnya memberikan pelatihan untuk memandu dan merampingkan implementasi Anda dalam memanfaatkan program tersebut. 

Setelah memahami hal diatas, Anda pastinya sudah lebih banyak mengerti dan memahami tentang cara memilih sistem ERP untuk bisnis Anda. Anda harus mengevaluasi fungsionalitas dan fitur perangkat lunaknya, kapasitas integrasi, kepercayaan vendor, biaya, kemudahan penerapan, dan potensi kenyamanan untuk bisnis Anda. 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Urusan Transaksi Jadi Lebih Fleksibel Dengan Paper.id!

Terima pembayaran lebih cepat/tempo lebih lama untuk kemajuan bisnis

Total
0
Share