5 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Kemanan Kartu Kredit Anda

5 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Kemanan Kartu Kredit Anda!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Memiliki kartu kredit membuat kita merasa mudah dalam melakukan transaksi. Kartu ini pun kerap mendapat julukan sebagai kartu sakti dimana memang menjadi alternatif untuk Anda dalam melakukan segala jenis kebutuhan. Dari kebutuhan bulanan sampai dengan kebutuhan sekunder seperti belanja, nongkrong dengan teman dan lain sebagainya. Bahkan beberapa bank menawarkan keamanan kartu kredit untuk menunjang aktivitas bisnis Anda.

Namun, jika Anda merupakan salah satu dari pemilik kartu kredit, maka menjaga keamanan artu kredit dari segala macam tindak kejahatan merupakan hal yang paling penting yang Anda harus lakukan. Karena jika Anda tidak berhati-hati, kartu kredit Anda bisa rentan disalah gunakan. Berikut ini beberapa kiat untuk menjaga keamanan kartu kredit Anda, antara lain:

Jaga Nomor Kartu Kredit

Jangan biarkan siapapun melihat kartu Anda saat Anda keluar di tempat umum. Selektif saat memberikan nomor rekening Anda melalui telepon dan hanya tawarkan saat Anda memulai panggilan dan Anda sedang berbicara dengan bank atau pedagang yang Anda percaya. Curigalah terhadap pesan yang Anda terima melalui email, teks, telepon, atau media sosial, yang meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi atau mengklik tautan yang mencurigakan.

Baca juga : VISA vs Mastercard, Mana Yang Paling Bagus Untuk UMKM?

Ganti PIN Anda Secara Berkala dan Jangan Bagikan PIN Anda dengan Siapa pun

PIN menambahkan lapisan keamanan untuk transaksi Anda. Pastikan PIN Anda tidak terlalu mudah ditebak oleh orang yang mengenal Anda. Selalu ganti PIN minimal 6 bulan sekali untuk memastikan kartu kredit Anda tidak mudah disalahgunakan. Jangan pernah membagikan PIN atau OTP kartu kredit Anda kepada siapapun bahkan jika itu adalah orang yang mengaku sebagai perwakilan bank. Selain itu Anda juga harus menghindari menuliskan PIN kartu Anda dan menyimpannya dengan kartu Anda di dompet atau tas Anda. Hindari juga menyimpan detail PIN Anda di ponsel Anda karena penyalahgunaan atau pencurian ponsel Anda akan membahayakan Kartu Kredit Anda.

Amankan Perangkat dan Jaringan Anda.

Jika Anda mengizinkan browser Anda untuk menyimpan informasi keamanan kartu kredit Anda, maka akan dapat membawa resiko dan menjadi rentan. Untuk mencegahnya, pertimbangkan untuk mematikan fungsi autofill di setiap browser yang Anda gunakan. Juga, pertimbangkan untuk menggunakan dompet digital. Dompet digital adalah sistem pembayaran yang ditempatkan di ponsel cerdas Anda yang memungkinkan Anda melakukan transaksi elektronik menggunakan kartu kredit Anda dengan cepat dan aman. Karena dompet digital menggunakan enkripsi, tokenisasi, dan otentikasi, dompet digital lebih aman daripada membawa kartu kredit Anda. Jika Anda menggunakan dompet digital, pastikan ponsel cerdas Anda dilindungi kata sandi dan sidik jari dan Anda mengunduh aplikasi untuk mempermudah menemukan ponsel Anda jika Anda kehilangannya.

Lihat Secara Teliti Laporan Tagihan 

Ketika Anda mendapatkan laporan keamanan kartu kredit Anda,. Perhatikan baik-baik. Jika Anda mencurigai adanya aktivitas penipuan, hubungi bank atau penerbit kartu kredit Anda segera. Terlebih jika kartu kredit Anda hilang, Mereka dapat memblokir kartu dan nomor rekening Anda sehingga tidak ada orang lain yang dapat menggunakannya dan memberikan kartu dan nomor rekening baru.

Baca juga : Mengenal Mitra Tokopedia & Keuntungannya Untuk Bisnis UMKM

Tinjau Aktivitas Penggunaan Kartu Kredit Anda

Pantaulah sesering mungkin melalui aplikasi bank Anda, online, atau melalui telepon. Sebagian besar penerbit kartu juga mengizinkan Anda mengatur email untuk dapat menyesuaikan peringatan untuk masuk setiap kali Anda menggunakan kartu Anda atau hanya untuk mengidentifikasi aktivitas yang tidak biasa. Jika Anda pernah menjadi korban penipuan atau pencurian identitas di masa lalu, pertimbangkan untuk mendaftar ke layanan pemantauan kredit.

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Urusan Transaksi Jadi Lebih Fleksibel Dengan Paper.id!

Terima pembayaran lebih cepat/tempo lebih lama untuk kemajuan bisnis

Total
0
Share